WORLD WATER DAY (HARI AIR SEDUNIA )


Hari Air Sedunia atau lebih dikenal dengan WORLD WATER DAY, Jatuh hari Minggu, tanggal 22 Maret 2009, Di sekolah diperingati dengan ditandai kegiatan seluruh warga sekolah dengan membersihkan lingkungan dan gerakan menanam pohon.

Tahukah Sejarah Hari Air Sedunia ?
Sesuai dengan resolusi PBB nomor 147/1992 sebagai hasil Sidang Umum PBB yang ke 42 tanggal 22 Desember 1992 , diterima Agenda 21 dan ditetapkan sebagai hari sedunia. Agenda 21 dicetuskan dalam United Conference on Environment and development (UNCED) yang di selenggrakan di Rio de Janerio dikenal dengan KTT Bumi. Pada tahun 2009 : Tema Peringatan adalah : Transboundary Water management "pengelolaan air terpadu"

Mari kita cermati dalam pengelolaan air di negara Indonesia. Ada tiga fenomena penting antara lain: (1) Perkembangan pemukiman, rkembangan industri, pertambangan, dan permintaan terhadap energi listrik telah meningkatkan (2) Penurunan kondisi air, dan tinggi tingkat prmintaan air. Kurangnya daerah peresapan air. (3) “Kirisis “ pengelolaan, ditandai oleh “ketidak mampuan “ kerangka kebijakaan ,kerangka hokum, kerangka kelembagaan dan kapasitas sumber daya manusia dalam menyikapai fenomena pertama dan kedua.

Pengelolaan Air secara Terpadu
Pengelolaan Sumberdaya air secara terpadu. Adalah proses yang mengdepankan pembangunan dan pengelolaan sumberdaya terkait lainnya secara terkoordinasi dalam rangka memaksimalkan resultas ekonomi dan kesejahteraan social secara adil dan berkelanjutan ekosistem yang vital (Helmi: Pusat study Irigrasi, Sumberdaya Air, lah dan pembangunan Universitas Andalas)

1 komentar:

electronics info mengatakan...

assalamualaikum wr.wb smp 2 ngunut.. webnya desainnya bagus,, cp yang buat...tp comondnya kug masih tidak berfungsi???

aq almuni smp2 sini juga loh.. namaku aang,,